Lemme Introduce How To Judge People by the Cover—#1 Sanguinis

#1 Sanguinis—Terserah kalian mau baca atau tidak, penulis kali ini ingin berbagi sedikit kecanggihan dari otak penulis, dimana otak kita ini bisa baca isi otak orang lain tanpa harus bertelepati atau pun harus kenal bertahun-tahun lamanya dengan orang tersebut. Semua yang akan dituliskan di sini lagi dan lagi berdasarkan temuan dari pengalaman otak penulis semata selama sekian puluh tahun berfikir dan berproses. Jangan berharap mendapatkan kajian teori dari penulis, penulis pelit dalam hal teori.

Tapi izinkan tulisan saya ini untuk memperkenalkan seorang Almarhum, Hipokrates, yang hidup ke bumi pada 460 SM(Sebelum Masehi) dan tutup usia pada umur 85 tahun, 375 SM. Ini orang canggih yang hidup di zaman sebelum aksara, dan memperkenalkan gagasan gilanya mengenai psikis, dimana dia menetapkan bahwa perilaku, sifat, psikis, kejiwaan dan karakter seseorang dapat disegmentasikan menjadi 4(empat) dasar sifat. Sanguinis, Koleris, Plegmatis, dan Melankolis.

Pertama Sanguinis—keartis-artisan, ini salah satu sifatnya, kita lagi ngomongin artis nih. Kenapa artis? Karena orang-orang yang sifat dasarnya didominasi Sanguinis tuh biasanya caper, suka carmuk, pokoknya dia gelisah kalo dia ga jadi pusat perhatian. Dari gelisahnya dia ini biasanya jadi lahir sifat-sifat semacam banyak omong, biasanya juga ngebikin beberapa orang dengan tipe ini sering menjadi humoris, ya karena itu tadi kepengen jadi pusat perhatian. Emang terkesan jelek dan buruk, dalam kasus-kasus tertentu sifat ke-artis-annya ini kadang bisa ngebuat orang tersebut jadi orang yang ahli dalam hal berkomunikasi, simple sebab-musibabnya, karena banyak omong, dia gelisah kepengen eksis sehingga dia terus-terusan tanpa sadar melatih dirinya buat menarik perhatian dengan omongannya lah humornya lah.

Orang-orang yang Saguinis juga biasanya punya karakter yang berubah-ubah. Ini biasanya terjadi sama Saguinis yang sedang berproses mencari formula bagaimana caranya jadi pusat perhatian, gimana caranya eksis, selama dia belum menemukan rumusnya ya dia akan terus mencoba, ini yang ngebikin Sanguinis berkarakter yang mudah berubah-ubah. Dari karakternya yang mudah berubah-ubah ini ketika masa berproses mencari rumusan eksis, kadang justru ngebuat mental mereka jadi emosional karena ada rasa gelisah di diri mereka, gelisah karena ya belum bisa jadi pusat perhatian banyak orang, belom bisa bergaul dengan banyak individu.

Kalo mereka udah ngelewatin masa berproses mencari rumusan, biasanya mereka ya berhasil jadi eksis, berhasil dengan mudahnya cari perhatian dan handal berkomunikasi karena mereka udah nemu rumusnya. Karena kondisi lingkungannya yang dikelilingi banyak individu, bersosialisasi kemana-mana, bergaul luas, banyak orang yang perhatiannya terpusat ke dia, kondisi ini kadang membuat orang-orang Sanguinis bertransformasi ke pribadi yang punya jiwa kepemimpinan, ya karena dia udah terbiasa menangani banyak orang, secara dia udah berhasil jadi pusat perhatian.

Jadi cara mudah membaca orang-orang dengan tipe Sanguinis ini,

  1. Dia pasti tipikal orang yang gampang bergaul alias sosialita
  2. Biasanya emosional, untuk Sanguinis yang lagi berproses mencari rumus eksis
  3. Banyak omong, ahli komunikasi, atau jago modus
  4. Mendominasi percakapan, lebih tepatnya suka cela omongan orang, bukan pendengar yang baik
  5. Humoris, suka lempar jokes
  6. Ekspresif, karena dia mau memperkenalkan dirinya ke banyak orang, biar banyak yang kenal
  7. Terbuka, karena keekspresifan dirinya, kadang ada aja yang ekspresifnya ga terkontrol sampai-sampai ngebuat dirinya terlalu open, ceplos sana-sini
  8. Tipikal bunglon, mudah berubah-ubah, ini juga masa berproses cari rumus eksis
  9. Gampang tinggi, kalo nerima pujian
  10. Hebat dalam hal-hal permukaan aja, macem ngerti pengetahuan ini itu tapi ya cuma tau kulit luarnya doang ga tau apa-apa secara mendalam, ya karena sifat dasar dia yang kepengen eksis dan dibilang hebat
  11. Otaknya pendek, pragmatis atau praktis jalan pikirnya, sumber daya saat ini ya untuk saat ini, besok ya urusan masa depan
  12. Gagap dalam hal-hal teknis, seperti susah ngelepas simpul ikatan karena jalan pikirnya yang pendek, ga mau berbelit-belit

Ya semoga sedikit pemaparan dasar sifat Sanguinis dapat menjadi acuan teman-teman untuk mengambil tindakan-tindakan apa yang tepat untuk kenalan kalian, bagaimana mengatasi permasalahan jika terlibat konflik dengan orang yang didominasi sifat ini, dan bagaimana cara mengenal diri sendiri dan penanganan kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri bila ternyata dasar sifat pembaca didominasi oleh Saguinis.

Jangan bengong, dan bingung, ini baru satu sifat dasar dari 4(empat) sifat yang dikemukakan Hipokrates. Selamat membaca! J


Satu respons untuk “Lemme Introduce How To Judge People by the Cover—#1 Sanguinis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s